MUI Imbau Warga Banten Gunakan Hak Pilih

MUI Imbau Warga Banten Gunakan Hak Pilih

sw-016-2013

Seruan sejuk dihembuskan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam menyukseskan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Banten yang akan digelar 15 Februari 2017. MUI melihat ini merupakan bagian dari demokrasi yang akan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat Banten di masa mendatang.

Karena itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Serang mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Serang, terutama masyarakat muslim setempat yang memiliki hak pilih supaya tidak golput pada Pilgub Banten 2017.

“Kalau warga tak memilih berarti masyarakatnya tidak menjunjung tinggi UUD 1945 dan Pancasila, dan di dalam Islam juga kita telah diajarkan untuk mengutamakan musyawarah atau berdemokrasi,” ucap Sekretaris Umum MUI Kota Serang Amas Tajudin kepada wartawan, Kamis (29/9/2016).

Amas juga mewanti-wanti, supaya masyarakat memilih pemimpin sesuai hati nurani. Di samping cerdas menilai mana calon pemimpin yang ikhlas membangun Banten.

“Masyarakat harus cermat dan kritis, jangan sampai mau disuap dengan uang yang besaranya belum tentu besar-besar amat. Pilihlah berdasarkan pilihan hati,” sarannya.

Jika masyarakat masih bingung menentukan pasangan calon mana yang akan dipilih, lanjut Amas, pilihlah pasangan calon yang berbasis pesantren ahlusunah waljamaah, mampu menjaga kerukunan umat beragama dan pasangan calon yang menghomati kalangan generasi muda.

“Sejauh ini pengeluaran fatwa belum terpikirkan, namun, persoalan golput akan kami bawa pada setiap rapat di MUI bersama pengurus yang lain,” tuturnya.

Terpisah MUI Provinsi Banten mengimbau kepada juru kampanye (jurkam) agar menghindari bentuk kampanye hitam saat mulai 28 Oktober nanti. Tim jurkam kampanye pasangan calon (paslon) diminta untuk menonjolkan pada sisi prestasi dan program-program yang baik.

“Menghadapi masa kampanye nanti, saya imbau paslon, jurkam, pendukung maupun simpatisan hindari kampanye hitam, seperti menjelek-jelekkan pribadi pasangan calon,” kata Ketua MUI Provinsi Banten H AM Romli.

Dia menuturkan akan lebih baik jika pasangan calon menyampaikan program yang baik-baik ke masyarakat. “Kalau saling mengkritik program itu juga enggak apa-apa. Itu bagus,” sebut mantan Kepala Kanwil Kemenag Banten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *